Air Terjun Sekar Langit, Kisah Legenda Jaka Tarub dan Nawang Wulan Bermula

Air Terjun Sekar Langit, Kisah Legenda Jaka Tarub dan Nawang Wulan Bermula


Diapit oleh Gunung Merbabu dengan suasana khas pegunungan menjadikan air terjun ini masih sangat alami dengan udaranya yang sejuk. Tak hanya itu saja, di air terjun inilah legenda Jaka Tarub yang mencuri selendang Nawang Wulan salah satu bidadari kayangan yang tengah mandi di air terjun Sekar Langit.

Keindahan air terjun ini bahkan sudah terlihat saat pengunjung hendak menuju air terjun dengan menyusuri tangga batu diantara rerumpunan bambu yang hijau dan berderet rapi di kedua sisi tangga yang mampu menghadirkan kesan alami.


Ketika kian dekat dengan air terjun, selain suara derasnya air yang jatuh ke permukaan, terdapat pula sebuah jembatan besi berwarna warni atau yang dikenal dengan jembatan asmara juga tak kalah indahnya menyajikan pemandangan berupa aliran air terjun Sekar Langit yang mengalir di kedua celah dinding tebing.


Legenda Jaka Tarub

Air Terjun Sekar Langit menjadi tempat bermulanya legenda seorang pendekar sakti yang bernama Jaka Tarub yang mengintip dan mencuri salah-satu selendang bidadari kayangan yang sedang mandi di kolam air terjun.

Selendang bidadari tersebut memiliki kekuatan serta kesaktian untuk dapat terbang ke kayangan. Jadi saat selendang tersebut dicuri, maka salah-satu bidadari tidak bisa pulang ke kayangan.

Nama bidadarinya adalah Nawangwulan. Pada akhirnya bidadari tersebut hidup dan menikah dengan Jaka Tarub.

Selain kisah yang amat melegenda itu, banyak keindahan dan aktivitas yang ditawarkan ketika wisatawan mengunjungi air terjun Sekar Langit ini;


Menikmati Sunrise

Kala pagi hari, sinar matahari yang menerobos sela-sela pepohonan kemudian masuk ke dalam lokasi air terjun akan memberikan efek cahaya mentari yang sangat dramatis dengan cahayanya yang berpendar dan hangat membuat tempat itu terkesan asri.


Bermain Air

Airnya yang jernih dan bersih yang mengalir di sela-sela batuan kali juga bisa memberikan suasana yang menyenangkan khususnya saat berendam di sekitar air terjun sembari menikmati keindahan alam.


Berenang

Pengunjung juga bisa berenang di kolam yang ada di bawah air terjun Sekar Langit layaknya kawanan bidadari dalam legenda Jaka Tarub dengan airnya yang segar dan jernih sekaligus dangkal yang sangat menyenangkan.


Menikmati Suasana Alam

Air terjun ini juga menyajikan pemandangan yang masih alami dan terjaga keasriannya oleh penduduk setempat oleh karena itu meskipun di musim kemarau suplai air di air terjun ini seolah tidak pernah surut.

Suasana alam dengan berbagai tanaman khas hutan semakin membuat suasana khas lansekap kawasan perbukitan yang cenderung tinggi menjulang membuat pengunjung bisa menikmati keindahan Gunung Merbabu secara langsung.


Spot Foto

Air terjun Sekar Langit juga menawarkan banyak lokasi untuk dijadikan sebagai spot untuk swafoto yang indah mulai dari Jembatan Asmara yang berwarna warni, permukaan kolamnya dengan air yang jernih dan mengalir tenang hingga indahnya air terjun Sekar Langit yang menjulang tinggi yang diapit keindahan dinding Gunung Merbabu yang megah.

Banyak juga fotografer yang menjadikan lokasi ini sebagai tempat untuk obyek prawedding bagi pasangan yang hendak menikah, karena memiliki latar air terjun yang indah dengan aliran airnya yang tidak deras sehingga mampu memberikan kesan foto yang romantis bagi pasangan.


Keramahan Penduduk

Penduduk yang tinggal di sekitar obyek wisata air terjun ini juga terkenal dengan keramahannya, sehingga pengunjung bisa berinteraksi dan mempelajari berbagai kebudayaan dan kearifan lokal daerah setempat yang masih berupa kawasan perdesaan yang asri. Atau bahkan mendengar langsung bagaimana legenda Jaka Tarub masih amat diyakini oleh warga sekitar.


Fasilitas Air Terjun Sekar Langit

Obyek wisata air terjun Sekar Langit dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dibuat senatural mungkin agar lebih ramah lingkungan, walaupun lokasinya berada di kaki gunung Merbabu namun fasilitasnya sudah sangat lengkap seperti musala, toilet hingga area parkir yang memadai.

Selain itu, warung-warung makan yang ada di kaki gunung ini juga ditata sehingga terlihat rapih dan bersih dengan hidangan sederhana yang nikmat disantap apalagi setelah mandi di air terjun Sekar Langit.


Tarif Masuk dan Jam Kunjungan

Obyek wisata air terjun Sekar Langit ini hanya memberlakukan tarif masuk sebesar (IDR) Rp. 5 ribu kepada pengunjungnya. Sedangkan jika pengunjung membawa kendaraan akan dikenakan tarif parkir tambahan sebesar (IDR) Rp. 2 ribu untuk sepeda motor dan (IDR) Rp. 5 ribu untuk mobil.

Karena banyaknya remaja yang menikmati air terjun ini sejak pagi hari untuk menikmati kesegaran airnya, maka pengelola mulai membuka kawasan ini sejak pukul 06.00 pagi hingga pukul 17.00 sore setiap harinya terlebih ketika sedang libur weekend.


Cara ke Air Terjun Sekar Langit

Obyek wisata alam air Terjun Sekar Langit berada di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Cara menuju obyek wisata ini pun terbilang mudah karena pengunjung yang hendak kesini dapat dengan mudah menemukan penunjuk jalan menuju ke air terjun sejak dari Pasar Jonggrangan.


Nah itu tadi informasi mengenai air terjun Sekar Langit yang bisa Anda masukan dalam daftar liburan bersama keluarga atau rombongan teman-teman kantor.

Jika informasi ini bermanfaat silakan Anda bagikan ke pada teman Anda, dan jika membutuhkan informasi wisata lainnya silakan tinggalkan komentar.



Belum ada Komentar untuk " Air Terjun Sekar Langit, Kisah Legenda Jaka Tarub dan Nawang Wulan Bermula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel