Telaga Bleder, Tempat Refreshing Paling Indah dan Sejuk di Magelang



Telaga Bleder terbentuk dari sumber mata air yang ada di kawasan tersebut, yang mengairi sebuah cekungan. Sehingga pada akhirnya membentuk sebuah telaga yang menawarkan keindahan dan udaranya yang sejuk.

Berada di Telaga Bleder bakal membuat siapapun merasa tenang dan damai, permukaan airnya yang tenang dan berwarna hijau lembut dengan alam sekitarnya yang masih hijau ditambah merdunya suara burung yang berkicau menjadi cara untuk refreshing dari kepenatan.

Tak hanya itu saja, latar gunung Andong yang tinggi menjulang di hadapan Telaga Bleder yang dari kejauhan terlihat berwarna biru muda dan diselimuti awan membuat Telaga Bleder adalah tempat yang ideal untuk menepi sejenak dari kebisingan kota.

Selain itu, keberadaan Telaga Bleder ini juga masih amat dijaga oleh warga sekitar, karena telaga ini merupakan lokasi untuk penyelenggaraan beragam ritual budaya yang sudah ada sejak era Kerajaan Mataram yang masih terus dilestarikan hingga saat ini.

Keindahan Panorama Telaga Bleder

Telaga alami yang berada di kawasan lereng gunung andong ini boleh di bilang cukup indah dengan panorama alam yang ada di sekitarnya, dari sini kalian bisa melepas lelah dan bisa melupakan segala rutinitas yang membuat pikiran kalian merasa jenuh bisa kembali fress setelah berkunjung ke tempat wisata ini.

Berkeliling Telaga Bleder dengan Perahu

Di telaga ini pengunjung bisa menyewa perahu untuk mengelilingi perairan telaga untuk menikmati keindahan alam bersama keluarga sambil menikmati suasana khas yang masih alami. Banyak wahana yang disediakan di Telaga Bleder, seperti perahu, kano hingga perahu gowes.

Camping 

Selain itu, pengunjung yang ingin lebih menikmati suasana di Telaga Bleder pun bisa menjadikan obyek wisata ini sebagai tempat camping bersama teman dan menikmati suasana Telaga Bleder yang indah khususnya di pagi hari.

Tiap liburan pula banyak sekolah maupun komunitas pecinta alam yang menjadikan Telaga Bleder sebagai tempat untuk berkemah.

Bersantai 

Lokasi Telaga Bleder yang masih sangat alami dengan pepohonan hijau yang masih sangat rimbun juga menjadi tempat yang pas untuk bersantai bersama keluarga sambil menikmati udara sekitar yang segar dengan bersantai di gazebo-gazebo yang sudah tersedia di sisi Telaga Bleder.

Spot Foto

Banyak juga pengunjung yang menjadikan tempat ini untuk berswafoto dengan latar Telaga Bleder yang indah dengan pantulan sinar matahari pagi di permukaan airnya yang berkilau.

Menikmati Sunrise

Selain dijadikan sebagai tempat bersantai dan berburu spot foto, Telaga Bleder ini juga menjadi tempat yang paling ideal untuk menikmati indahnya sunrise di pagi hari dengan sinar mentari yang menerpa hangat membuat suasana yang dihadirkan terasa syahdu sekaligus efektif membuat tubuh sehat.

Festival Lampion

Di telaga ini pernah dihelat event yang sangat menyita perhatian wisatawan hingga mancanegara yakni Festival Lampion pada 2018 lalu, saat itu, warga bersama-sama dengan wisatawan melepaskan ratusan lampion ke angkasa yang membuat suasana di sekitar Telaga Bleder terlihat semarak dengan lampu lampion yang berpendar di langit.

Festival Menangkap Ikan

Selain itu juga, warga Desa Ngasinan memiliki tradisi yakni pesta menangkap ikan di Telaga Bleder yang juga bisa dinikmati oleh wisatawan, bahkan pengunjung bisa ikut serta kemeriahan menangkap ikan dengan berbaur bersama warga. 

Festival menangkap ikan ini biasanya digelar setahun sekali sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta yang sudah memberikan limpahan kesejahteraan dan tanah yang subur sehingga bisa memberikan hasil panen yang melimpah.

Fasilitas Telaga Bleder

Meski dikenal sebagai obyek wisata yang terbilang baru, namun fasilitas yang ada di Telaga Bleder ini sudah amat memadai seperti musala, toilet serta area parkir kendaraan yang luas. 

Tak hanya itu saja terdapat warung-warung makan yang ditata secara apik untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana Telaga Bleder ini sambil menjajal berbagai penganan khas yang dijual dengan harga terjangkau.

Tak hanya itu saja, terdapat pula gazebo-gazebo kecil yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati keindahan Telaga Bleder.

Jam Kunjungan dan Tiket Masuk

Pengelola Telaga Bleder ini mulai membuka jam kunjungan sejak dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 18.00 petang. Pembukaan obyek wisata ini memang dilakukan lebih pagi karena banyaknya pengunjung yang ingin menikmati keindahan sunrise di pagi hari hingga meski masih terbilang pagi namun obyek wisata ini sudah ramai pengunjung.

Tiket masuk yang diberlakukan oleh pengelola, untuk dapat menikmati Telaga Bleder ini adalah sebesar Rp. 5 ribu perorang, tiket masuk ini belum termasuk tarif parkir yang ditetapkan sebesar Rp. 2 ribu untuk sepeda motor dan Rp. 5 ribu untuk mobil.

Cara Menuju ke Telaga Bleder 

Telaga Bleder terletak di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Telaga ini berada di lereng Gunung Andong. Lokasi ini sekitar 10 menit perjalanan dari Pasar Desa Grabag.

Untuk menjangkau Telaga Bleder pun saat ini sudah banyak papan informasi yang akan menuntun pengunjung hingga ke obyek wisata Telaga Bleder.

Nah itu tadi informasi mengenai Telaga Bleder yang bisa Anda masukan dalam daftar liburan bersama keluarga atau rombongan teman-teman kantor.

Jika informasi ini bermanfaat silakan Anda bagikan ke pada teman Anda, dan jika membutuhkan informasi wisata lainnya silakan tinggalkan komentar.



Belum ada Komentar untuk " Telaga Bleder, Tempat Refreshing Paling Indah dan Sejuk di Magelang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel