Melihat Air Terjun Sidoharjo, Curug Tertinggi di Yogyakarta

Melihat Air Terjun Sidoharjo, Curug Tertinggi di Yogyakarta, air terjun di samigaluh kulonprogo sidoharjo, samigaluh air terjun di sidoarjo wisata kulon progo


Air terjun Sidoharjo memang belum banyak dikenal karena nyaris kalah terkenal dibanding air terjun lainnya yang ada di Kulon Progo. Padahal, air terjun ini memiliki keindahan tersendiri dengan kontur air terjun yang menjadi air terjun tertinggi di Yogyakarta.

Berada di air terjun ini juga para pengunjung akan merasa suasana yang sangat syahdu ditingkahi dengan suara gemericik air yang jatuh dari atas air terjun membuat siapapun betah berlama-lama berada disini.

Air terjun ini juga memiliki debit air yang relatif kecil khususnya diluar musim penghujan sehingga aliran airnya yang kecil tapi tetap bisa digunakan untuk berbagai aktivitas seperti bermain air atau berenang.

Setiap akhir pekan, air terjun ini selalu dipenuhi dengan pengunjung yang berekreasi di sekitar air terjun bersama keluarga sambil menemani anak-anak bermain air.

Air Terjun Tertinggi di Yogyakarta

Air terjun ini menjadi satu-satunya air terjun tertinggi di Yogyakarta dengan ketinggian lebih dari 75 meter dengan sudut kemiringan hampir 90 derajat membuat siapapun yang melihat puncak air terjun ini pun harus mendongak karena ketinggiannya.

Dibuka Sejak Tahun 2014

Obyek wisata ini sudah mulai eksis sejak tahun 2014 lalu, ketika itu angka kunjungan wisatawan yang datang ke air terjun ini terus mengalami peningkatan sehingga pengelola kemudian membangun sarana tambahan untuk pengunjung yang datang.


Perbukitan Menoreh

Air terjun ini berada dalam kawasan perbukitan Menoreh Yogyakarta yang terkenal kaya dengan berbagai macam obyek wisata khususnya air terjun karena kawasan perbukitan Menoreh yang masih alami dan masih berupa kawasan hutan lindung sehingga pasokan dan debit airnya lumayan melimpah.

Hamparan Sawah

Selain itu pemandangan areal persawahan milik warga yang menghampar di sekitar air terjun ini juga efektif memberi pemandangan tersendiri bagi siapa pun yang mengunjungi air terjun ini.


Suplai Air Bersih

Keberadaan air terjun Sidoharjo ini juga menjadi amat vital khususnya bagi warga sekitar karena dijadikan sebagai sumber air bersih untuk kebutuhan air minum sekaligus mandi.

Menikmati Sunrise

Kala pagi hari, sinar matahari yang menerobos sela-sela pepohonan kemudian masuk ke dalam lokasi air terjun akan memberikan efek cahaya mentari yang sangat dramatis dengan cahayanya yang berpendar dan hangat membuat tempat itu terkesan asri.


Bermain Air

Airnya yang jernih dan bersih yang mengalir di sela-sela batuan kali juga bisa memberikan suasana yang menyenangkan khususnya saat berendam di sekitar air terjun sembari menikmati keindahan alam.


Berenang

Pengunjung khususnya anak-anak juga bisa berenang di sebuah kolam berukuran besar yang ada di bawah air terjun Sidohharjo atau bermain perosotan air di tiap sisi air terjun dengan batuannya yang tertutup lumut sehingga aman untuk bermain dan beraktivitas bersama anak-anak.


Menikmati Suasana Alam

Air terjun ini juga menyajikan pemandangan yang masih alami dan terjaga keasriannya oleh penduduk setempat oleh karena itu meskipun di musim kemarau suplai air di air terjun ini seolah tidak pernah surut.

Suasana alam dengan berbagai tanaman khas hutan semakin membuat suasana khas lansekap kawasan perbukitan yang cenderung tinggi menjulang membuat pengunjung bisa menikmati deretan kawasan perbukitan Menoreh yang bersejarah.


Spot Prawedding

Banyak juga fotografer yang menjadikan lokasi ini sebagai tempat untuk obyek prawedding bagi pasangan yang hendak menikah, karena memiliki latar air terjun yang indah dengan aliran airnya yang tidak deras sehingga mampu memberikan kesan foto yang romantis bagi pasangan.

Taman-Taman Cantik

Warga juga membangun taman-taman cantik dengan berbagai koleksi bunga berwarna warni yang mengeluarkan aroma semerbak yang wangi khususnya di pagi hari lingkungan di sekitar taman terasa mengeluarkan aroma wangi yang berasal dari koleksi bunga yang ada di taman ini.

Taman-taman ini juga kerap dijadikan sebagai obyek latar swafoto bagi kalangan muda-mudi yang menikmati keberadaan taman ini.

Keramahan Penduduk

Penduduk yang tinggal di sekitar obyek wisata air terjun ini juga terkenal dengan keramahannya, sehingga pengunjung bisa berinteraksi dan mempelajari berbagai kebudayaan dan kearifan lokal daerah setempat yang masih berupa kawasan perdesaan yang asri.


Fasilitas Air Terjun Sidoharjo 

Obyek wisata air terjun Sidoharjo dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dibuat senatural mungkin agar lebih ramah lingkungan, seperti pondokan musala, toilet hingga area parkir yang dibatasi dengan pagar-pagar kayu sehingga terkesan artistik.

Selain itu, warung-warung makan yang ada di sekitar air terjun ini juga ditata sehingga terlihat rapih dan bersih dengan hidangan sederhana yang nikmat disantap apalagi setelah mandi di air terjun Sidoharjo.


Tarif Masuk dan Jam Kunjungan

Obyek wisata air terjun Sidoharjo ini hanya memberlakukan tarif masuk sebesar Rp. 5 ribu kepada pengunjungnya. Sedangkan jika pengunjung membawa kendaraan akan dikenakan tarif parkir tambahan sebesar Rp. 2 ribu untuk sepeda motor dan Rp. 5 ribu untuk mobil.

Karena banyaknya remaja yang menikmati air terjun ini sejak pagi hari untuk menikmati kesegaran airnya, maka pengelola mulai membuka kawasan ini sejak pukul 06.00 pagi hingga pukul 17.00 sore setiap harinya terlebih ketika sedang libur weekend.


Cara ke Air Terjun Sidoharjo

Obyek wisata alam Sidoharjo ini terletak di Dusun Madigondo, Kelurahan Sidoharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

Cara menuju obyek wisata ini pun terbilang mudah karena pengunjung yang hendak kesini dapat dengan mudah menemukan penunjuk jalan menuju ke air terjun.

Nah itu tadi informasi mengenai Air Terjun Sidoharjo yang bisa Anda masukan dalam daftar liburan bersama keluarga atau rombongan teman-teman kantor.

Jika informasi ini bermanfaat silakan Anda bagikan ke pada teman Anda, dan jika membutuhkan informasi wisata lainnya silakan tinggalkan komentar.


Belum ada Komentar untuk " Melihat Air Terjun Sidoharjo, Curug Tertinggi di Yogyakarta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel